Main content

Ermi: KIM dibentuk dengan SK Lurah

Banyuwangi (Dishubkominfo News) – Kasi Penyuluhan Masyarakat Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyuwangi, Dra. Hj. Ermi Rossana, M.Si hadiri Rapat Koordinasi Rutin Kecamatan Banyuwangi, Senin (12/10).

 

Bertempat di Aula Kecamatan Banyuwangi, acara rapat dipimpin oleh Sekretaris Kecamatan Banyuwangi, Sri Widiyanto, SH dan dihadiri para Lurah serta pejabat struktural di lingkungan Kecamatan Banyuwangi.

 

Rapat hari ini terasa istimewa, karena dihadiri oleh Dispora dan Dishubkominfo yang akan berbagi informasi dengan kita semua,” kata Widi saat membuka rapat.

 

Widi menambahkan bahwa Dispora akan memberikan penjelasan teknis persiapan kegiatan Banyuwangi International Run, sedangkan Dishubkominfo akan menjelaskan teknis pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

 

Ermi mengawali pembicaraan dengan menguraikan latar belakang KIM, maksud dan tujuan pembentukan, serta jenis kegiatan KIM. “Kelembagaan KIM berkedudukan di Kelurahan dan di SK kan lurah,” imbuhnya.

 

Kelompok Informasi Masyarakat dapat dibentuk dengan memanfaatkan kelompok yang sudah ada sebelumnya, contohnya Karang Taruna dan PKK. Kelompok tersebut nantinya akan berfungsi sebagai agen informasi. Selain menggunakan media tradisional, KIM juga dapat memanfaatkan media internet yang sekarang banyak digunakan masyarakat.

Secara teknis sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika untuk memberikan fasilitasi dan pemberdayaan terhadap KIM dalam bentuk pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan SDM di bidang teknologi informasi dan komunikasi,” ujar Ermi.

 

Setelah KIM dibentuk melalui Surat Keputusan Lurah, lanjutnya, SK dikirim secara berjenjang ke Kecamatan lalu ke Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyuwangi. Data tersebut akan menjadi bahan dan dasar dalam melakukan pembinaan dan pemberdayaan KIM kedepan.

(Bidang Komunikasi)