Main content

Lomba KADARKUM Tingkat Kabupaten

Banyuwangi - Senin (26/10/2015) bertempat di Pendopo kantor Kecamatan Kota Banyuwangi,  Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuwangi mengelar acara Lomba KADARKUM ( Keluarga Sadar Hukum) Tingkat Kabupaten Banyuwangi tahun 2015. Dalam lomba ini di buka oleh Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuwangi Ibu Hagni Ngesti Sriredjeki SH, MM pukul 09.00 WIB dan didampingi oleh pejabat dari Kecamatan Kota Banyuwangi serta perwakilan dari empat kecamatan peserta lomba kadarkum serta para undangan dihadiri oleh lurah Se-kecamatan kota Banyuwangi.

Maksud dan tujuan diadakan lomba ini adalah :Untuk mencapai kadar kesadaran hukum yang tinggi dalam masyarakat, terciptannya anggota masyarakat dan menghayati atas hak dan kewajiban sebagai warga negara sebagaimana diamanatkan dalam konstitusi negara dan menumbuhkan tingkat kepercayaan masyarakat di bidang pembangunan hukum demi tegaknnya Negara hukum yang menjamin kepastian hukum berkeadilan, memberikan perlindungan dan martabat manusia.

sambutan Kabag Hukum

Dalam sambutannya Kabag Hukum, Ibu Hagni menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini. “Lomba Kadarkum adalah salah satu cara meningkatkan pemahaman tentang hukum dan penerapan budaya hukum, menjadi bagian terpenting dalam pembinaan hukum nasional. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran hukum masyarakat Kabupaten Banyuwangi. Lomba ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan dan pemahaman kesadaran hukum di tengah masyarakat, serta mengimplementasikan kegiatan hukum,” ujarnya.

Beberapa dewan juri penilai terdiri dari instansi yang berkopenten dibidangnnya meliputi : Moderator dari akademisi dari UNIBA PGRI Banyuwangi, Kepolisian Resort Banyuwangi,  Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kab. Banyuwangi, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kab. Banyuwangi,

Dalam materi yang dilombakan sesuai panduan pembinaan keluarga sadar hukum, materi yang di lombakan meliputi 5 (lima) undang-undang republik Indonesia, yaitu :

Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan juri Aiptu Bambang Purwanto SH. dari unsur Polres  Banyuwangi, Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, dengan juri Aiptu Buang Kusnadi dari unsur Polres Banyuwangi, Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dengan juri Dra. Hj. Ermi Rosanna M.Si dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kab. Banyuwangi, Undang-Undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Trantaksi Elektronik, dengan juri Joni Priyanto, S.ST Kepala Seksi Pengolahan Data Elektronik dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kab. Banyuwangi, Undang-Undang nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, dengan juri Fitrin Kuntartini S.Sos , M.Si dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kab. Banyuwangi.

Adapun pemenang lomba  sebagai berikut:

Wilayah Kerja IV (kecamatan  Kalibaru, Glenmore, Genteng dan Sempu) dilaksanakan tanggal 22 Oktober 2015 di kantor Kecamatan Glenmore.

Pemenangnya dari Kecamatan Kalibaru.

Wilayah Kerja I (kecamatan  Wongsorejo, Banyuwangi, Kalipuro, Glagah dan Licin) dilaksanakan tanggal 26 Oktober 2015 di kantor Kecamatan Banyuwangi

Pemenangnya dari Kecamatan Banyuwangi.

Wilayah Kerja II (kecamatan  Rogojampi, Songgon, Kabat, Singojuruh dan Giri) dilaksanakan tanggal 27 Oktober 2015 di kantor Kecamatan Rogojampi

Pemenangnya dari Kecamatan Singojuruh.

Wilayah Kerja III (kecamatan  Gambiran, Bangorejo, Tegalsari, Pesanggaran dan Siliragung) dilaksanakan tanggal 28 Oktober 2015 di kantor Kecamatan Gambiran.

Pemenangnya dari Kecamatan Gambiran.

Wilayah Kerja V (kecamatan  Tegaldlimo, Muncar, Purwoharjo, Cluring dan Srono) dilaksanakan tanggal 29 Oktober 2015 di kantor Kecamatan Tegaldlimo.

Pemenangnya dari Kecamatan Muncar.

Selanjutnya kelima pemenang tersebut akan dilombakan lagi di tingkat Kabupaten untuk di carikan juaranya yang berhak mewakili Kabupaten Banyuwangi untuk dilombakan pada tingkat Bakorwil dan Propinsi Jawa Timur.