Main content

Kabupaten Pangandaran Benchmark TIK ke Banyuwangi

Belajar Kerjasama Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Pembangunan Daerah

BANYUWANGI – Menjadi jujugan bagi daerah lain untuk tempat belajar dan menimba ilmu adalah salah satu kebanggaan dan kehormatan besar bagi Banyuwangi. Demikian pula dengan diterimanya rombongan dari Pemkab Pangandaran yang melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Jumat (15/1,) untuk studi banding tentang Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Pembangunan Daerah. Oleh Pangandaran, Banyuwangi dianggap telah berhasil dan leading dalam mengembangkan sistem informasi tersebut.

Penjabat (PJ) Bupati Pangandaran, Drs.H. Daud Achmad mengatakan, pihaknya sangat ingin menerapkan di daerahnya, sistem seperti di Banyuwangi. “Maklum, kabupaten kami baru berdiri 25 Oktober 2012 lalu, pemekaran dari Kabupaten Ciamis. Dan kami juga hanya punya 7 dinas, 4 badan dan staf ahli yang menangani banyak hal di tempat kami. Mudah-mudahan kerjasama yang kita jalin bisa terimplementasikan dengan baik di Pangandaran,” ujar Daud yang datang bersama 16 stafnya, mulai dari Kepala BAPPEDA beserta tim teknisnya, Sekretaris DPPKAD, serta Kabag Hukum dan Organisasi.

Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra, Wiyono yang mewakili bupati, menerima secara khusus para tamu tersebut di Kantor Pemkab Banyuwangi. Wiyono menekankan bahwa pembangunan teknologi informasi dan komunikasi di masa kini harus dikuasai dengan baik demi mensukseskan penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien. Dengan terbuka Wiyono mempersilahkan para tamu untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari Banyuwangi.

Kesempatan itu pun tak disia-siakan Kabupaten Pangandaran yang kemudian mengikuti paparan dari Kepala BAPPEDA Kabupaten Banyuwangi, Agus Siswanto. Agus menjelaskan tentang Sistem Pengelolaan Sumber Daya Pemerintahan yang oleh BAPPEDA diberi nama e-Gemas atau e-Government Resources Management System.

Disitu dibeberkan tentang proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi pekerjaan melalui e-Gemas. Selain juga sistem pengembangan Information Technology (IT) baik internet maupun intranet yang menghubungkan seluruh desa/kelurahan, kecamatan dan SKPD yang ada di Banyuwangi. Mengingat fungsi IT yang mampu memotong jarak dan mendekatkan layanan.