Main content

Kab. Banyuwangi Segera Bentuk PPID

LICIN – Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Banyuwangi kembali menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi para pejabat eselon III dan IV di lingkungan pemkab Banyuwangi, Senin kemarin (9/3). Diklat yang bertajuk ‘Workshop Peningkatan Kapasitas SDM Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Tahun 2012 ini diselenggarakan di Gedung Diklat PNS Kecamatan Licin.

Bupati Banyuwangi yang dalam hal ini diwakili Asisten Administrasi Pemerintahan, Drs Abdullah dalam sambutannya menegaskan pentingnya segera dibentuk PPID di tingkatan kabupaten. Mengacu pada UU No 14tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, lanjut Abdullah, PPID nantinya berfungsi sebagai garda terdepan dalam memberikan informasi kepada masyarakat dengan  cepat, tepat, mudah dan murah. “Karena itulah diklat ini diselenggarakan untuk menciptakan tenaga yang handal yang bisa menjalankan fungsi pelayanan informasi publik,” ujar Abdullah.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Propinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Kepala Bidang Diseminasi Informasi Miswan Hadi mengatakan bahwadi Propinsi Jatim telah dibentuk PPID. Langkah ini, lanjut Hadi, harus diikuti oleh kabupaten/kota yang ada di Jatim. “Sebelum 23 Agustus PPID harus sudah terbentuk di seluruh kabupaten. Jika tidak segera terbentuk, dampaknya rakyat bisa menuntut pemerintah lantaran haknya untuk mendapatkan informasi yang semestinya tidak terpenuhi,” beber Miswan.

Sekedar diketahui, diklat yang diselenggarakan selama dua hariini diikuti oleh 100 peserta dari seluruh SKPD di Banyuwangi.